Friday, April 30, 2010

Kuliner Bogor

Nah buat temen-temen yang mau pada ke Bogor, gw punya sedikit review tempat makan di sekitaran Bogor.

1. Bansus(Bandrek Susu Air Mancur)
Tempatnya ada di sekitar air mancur kota Bogor, Jalan Jend Sudirman. Tempatnya warung kecil, kalau dari arah istana Bogor tempatnya ada disebelah kanan(sebrang air mancurnya persis). Enaknya nongkrong disana rame-rame kalo hari sabtu, orang tua muda semua kumpul. Jadi walo cuma menikmati Bansus(Bandrek Susu) ama gorengan, tapi karena semuanya dilakuin bareng temen-temen jadi berasa lebih.

2. Es Bubur Buah
Tempatnya ada di salah satu cafe di sekitar jalan sudirman atau disekitar plaza Pangrango(ada 2 cabang). Namanya Rahat cafe. Disana terkenal dengan Es Bubur Buah. Lumayan kalo pengen cari yang seger-seger. Perpaduan eskrim+yoghurt dan buah-buahan seger..emmm yami..harganya juga cocok ama kantong kita sebagai mahasiswa..(emang iya gw masih mahasiswa??)

3. Soto kuning
Soto kuning emang terkenal bgt diBogor. Kalo mau cari, sepanjang jalan Suryakencana tuh banyak bgt tukang soto kuning. Gw heran kenapa tiap minggu selalu rame ya, padahal cuma soto doang...he..he.. Sekali lagi, yang dicari selain makanan, juga suasananya Brow...(orang-orang emang aneh yaa..)

4. Warung doyong
Tempat makanan dengan menu rumahan. Biasanya jadi tempat gw ama temen kantor klo bosen ama menu kantin. Diasana biasanya yang kita pesen itu ayam goreng dan beberapa sayuran aja. Yang bikin enak tuh bumbu rempah-rempah yang jadi dasar si ayam-nya , emm yami..baunya aja gak ilang-ilang walo kita cuci pake sabun..he..he... trus kalo soal minuman, lu harus coba semua jus yg ada disana..rekomen bgt, soalnya bener-bener mantap. Jus-nya tuh bener2 jus dengan jumlah buah yang tidak lebih sedikit dari air, jadi kebayang kan betapa kental dan fresh jus-nya..gw sih suka bgt ama jus strawberry-nya...manis-asem dingin..emmm

5. Asinan gedung dalam
Toko asinan yang terletak di jalan siliwangi ini emang udah ada sejak lama dan terkenal dengan cirikhas bumbunya yang tajam. Selain asinan buah, sayur dan jagung bakar yang harus lu coba juga adalah es pala. emm seger, baik untuk kesehatan juga loh..

6. Roti unyil venus
Roti unyil yang tokonya ada di deket bunderan jalan siliwangi-padjadjaran ini emang bisa dibilang icon kota bogor selain kebun raya. Lu bisa gak kebagian tu roti kalo belanjanya hari sabtu ato hari minggu. Dahsyat orang yang beli lebih dari yang antri sembako. Padahal yang dibeli roti-roti imut-imut. Heran gw...orang bogor tuh irit-irit ya...tapi kreatif.

7. Soto mie
Nah ini juga salah satu tempat makan yang biasa gw ama temen kantor gw datengin kalo lagi bosen ama menu kantin. Tempatnya ada di jalan Lawang gintung..ada disebrang salah satu perusahaan farmasi asing. Lu pasti gampang bgt buat cari ni tempat makan, soalnya klo makan siang pasti rame aja. Kadang suka gak kebaian tempat makan euy...

8. Bebek Goreng
Nah di Bogor juga bayak tempatmakan yang berbau bebek. Lu dateng aja ke daerah sudirman, ama jalan pemuda, disitu ada 2 tempat makan bebek yang sama-sama enak, sama-sama rame dan yang pasti mantap..t5inggal pilih aja klo kata gw sih semuanya enak, karena dalam hidup gw cuma ada kata enak dan enak sekali..hwakakakak,,..

9. Doclang dan bubur ayam
Nah ini makanan yang juga menjadi jajana khas bogor juga. Lu bakal nemu banyak penjual ni makanan di sekitar jembatan merah kalo malem-malem. Jadi makan doclang dan bubur ini lu mulai jam 21.00, soalnya jam segitu orangnya baru jualan..tapi disitu serunya, lu bisa menikmati suasana Bogor malem-malem...emang Bogor gak ada matinya..ha..ha..ha..

10. Colenak Spesial
Nah, colenak selain ada di Bandung, di Bogor juga ada. Tempatnya di jalan menuju empang. Kalau dari arah batu tulis, setelah taman makam pahlawan sebelah kiri. Jualannya malem-malem jadi klo cari dari siang kayanya gak akan nemu. Harga terjangkau. Yang bikin colenak ini spesial karena pisang bakarnya juga, selain peuyeum bakar yang di kasih bumbu gula. Dan pisang yang di pake itu pisang oli, makanya cobain deh..


Sisanya sih jajanan resto standar yang ampir tiap kota juga ada, model makanan khas sunda...soalnya bogor ada ditatar parahyangan..he..


Andika Pratama

3 comments:

  1. hebat jg wawasan kuliner lo d bogor.. ahahahaha.. ajak gw dooonnnggg.. hehe.. dika,settingan buat komennya d ubah dong.. jd smua orang bs komen.. ribet kalo harus sign in dl.. untung gw punya account google.. okay.. lanjutkaaaannn.. hehehe..

    ReplyDelete
  2. gw belum nyobain no 2,3,4 8 dan 9...(hahah...bnyk jg) liat saja akhir juni mau dituntaskan aaahhhh =p
    thnks for ur info

    ReplyDelete
  3. @ merry: gimana dah dicobain semua belum??

    ReplyDelete